Teknik Sipil dan Proyek Sipil

Metode Pekerjaan Instalasi Penyediaan Air Bersih

.   Pekerjaan Instalasi Penyediaan Air Bersih 
Pekerjaan  yang dimaksud adalah pemasangan instalasi perlengkapannya
Yang meliputi penyediaan dan pemasangan seluruh instalasi plumbing dan drainase
Sesuai gambar rencana (shop drawing ) dan peraturan teknis.

     Umum.
1.     Penyediaan air diperoleh dari PAM dan ditampung melalui bak (Ground tank) kemudian dipompa ke tanki atas di distribusikan ke seluruh area toilet ( kran – kran ).            
2.     Pipa utama dari pompa sesuai gambar dan seluruh distribusi air bersih ini dilengkapi dengan valve ( control,gate,check valve dan lain-lain ) sesuai dengan standart yang diisyaratkan.
    Pelaksanaan:
1.      Sambungan pipa digunakan cara sambung ulir,flange atau victaulic sesuai dengan ukuran masing – masing.Penyambungan dengan ulir harus terlebih    dahulu dilapisi dengan red lead cement.
2.      Pada bagian – bagian khusus,digunakan sambungan flanged dilas,dimana penyambungan dengan menggunakan flange ini perlu dilengkapi dengan ring type gasket untuk menjamin kerapatan dan kekuatan sambungan tersebut.
3.      Semua ujung yang terakhir yang tidak dilanjutkan lagi harus ditutup dengan doop/plug atau blind – flanged.
4.      Pipa – pipa harus diberikan gantungan,pipa tegak didalam shaft harus diklem pada jarak setiap 2m juga pada setiap percabangan dan belokan.pengurungan pipa – pipa ini dilakukan setelah hasil test baik dan disetujui pengawas.
5.      Semua pipa baik yang tampak atau yang ditanam diharuskan diberi pelindung dengan lead meni,untuk yang ditanam di tanah ditambah lapisan pelindung water proofing harus dilakukan sebaik-baiknya,sehingga tidak ada bagian permukaan pipa dan fitting yang tidak terkena water proofing.
6.      pipa yang melintas jalan harus dilindungi beton/ubin dan diurug dengan pasir,kedalaman pipa minimal 80 cm dari permukaan bawah pasangan batu pondasi jalan.
7.      Pipa – pipa distribusi sebelum disambungkan ke fitures harus ditest terlebih dahulu dengan tekanan uji Hydrostatik sebesar satu setengah kali tekanan kerjanya (working pressure ) dimana dalam waktu minimum 1x 24 jam (disesuaikan dengan instruksi pengawas )tidak boleh mengalami penurunan tekanan/mengalami kebocoran.
8.      Instalasi yang hasil testnya tidak baik,segera diperbaiki.Biaya pengetesan,alat-alat yang diperlukan dan biaya perbaikannya ditanggung oleh pemborong.
9.      Pipa- pipa yang menembus lantai,dinding beton harus dibuatkan sleeve/sparing dari pipa PVC dan diberi perapat.
10.   Pipa-pipa yang ada diatas langit-langit,shaft dan pada tempat-tempat yang terlihat harus dicat abu-abu,pipa air bersih dinding tak apa pipa udara dengan bahan cat yang baik.

11.   Sebelum air bersih dipakai,maka air yang ada dalam pipa dibuang dulu,kemudian sistem pemipaan diisi dengan larutan yang mengandung 50mg/1 chlor dan didiamkan selama 24 jam.Setelah 24 jam sistem dibilas dengan air bersih.




0 Comments:

Post a Comment

Metode Pekerjaan Instalasi Penyediaan Air Bersih